Selasa, 08 Juli 2014

Istana Gebang, Blitar.

Blitar, sebuah kota kecil di sebelah timur Malang. Sebutannya Kota Patria, istilah lain dari pahlawan. Namanya sempat muncul di sejarah Indonesia. Hubungannya dengan PETA. Pelajar-pelajar SMP dan SMA pasti mengetahuinya dengan baik, saya sendiri tidak percaya diri menceritakannya karena kemampuan saya cukup lemah untuk mengingat sesuatu, apalagi sejarah. Oke, sounds like just an excuse.

Well, meskipun kecil dan sepi, Blitar cukup dikenal. Kenapa?? Yah, pertama karena Gunung Kelud. Sempat ingat beberapa waktu lalu Gunung Kelud meletus? Karena terletak di perbatasan, efeknya selain ke Kediri, juga ke Blitar, bahkan ke Malang. Tapi alhamdulillah, pada waktu itu banyak wilayah di Kota Blitar yang aman, bahkan dari abu nya. Saya yang tinggal yaah sekitar 20an km dari lokasi hanya merasakan hujan pasir beberapa menit, dan alhamdulillah tidak mendapatkan dampak abu Kelud seperti yang diperoleh daerah-daerah lain yang lokasinya justru sangat jauh, Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

Selain Gunung Kelud, Blitar terkenal karena presiden pertama kita. Ada yang tau siapa Presiden Indonesia yang pertama...? Iya kamu, silahkan selesaikan soal tersebut. Iyaa.. kamu. 
Hah?? Aku?? Kamu yang bikin persoalan, aku yang harus menyelesaikannya??? 
Oke, efek Dodit Mulyanto SUCI 4 nih.. -___-

Presiden Soekarno.
Disini, ada makam Presiden Indonesia yang pertama. Selain makam, ada perpustakaan serta museum-museum yang menyimpan rekaman-rekaman peristiwa terdahulu. Bahkan bendera Indonesia yang dijahit oleh Bu Fatmawati untuk dikibarkan tanggal 17 Agustus 1945 ada disini. Keren kan?
patung Bung Karno di atrium tengah antara museum dan perpusatakaan

koleksi foto di museum Bung Karno

kolam di atrium tengah, penghubung zona makam dengan museum - perpustakaan

pahatan dinding -entah apa istilahnya- di sebelah timur kolam

Gak hanya itu lho Saudara-saudara. Ada tempat yang gak kalah asik disini. Gak kalah sama makam, museum, dan perpustakaan Bung Karno. 

Untuk meyakinkan kalian para pembaca yang budiman, saya akan melampirkan bukti-buktinya.

Salah satu spot di rumah orang tua Bung Karno, Istana Gebang, dan ini salah satu penampakan di ruang tamu, aslinya luas banget tapi lhoo..


Masih di Istana Gebang, ruang tidur orang tuanya Bung Karno kalo gak salah.


Beberapa koleksi foto di Istana Gebang


Lampu di kamar tidur Bung Karno. Seru yaa, kayak bulan sabit :D



Banyak kan foto-fotonya.. Itu cuman beberapa aja. 


Radio jaman dulu nih.. Terus yang dari tembaga warna emas ni saya gak tau apa, tapi itu ada di meja rias di salah satu kamar tidur di Istana Gebang

Sepeda balap jaman dulu, hahaha #ngawur

Dapur jaman dulu nih, but you know what? find something that's not related with the era then!

taman belakang istana gebang, teduh, asri..

Mobil Bung Karno. Asik yaa. Terutama merah putih yang udah mulai pudar di depan :D

Kan?
Harusnya dari fotonya udah keliatan serunya. Hahaha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar